Posted by on Jun 11, 2014 in Blog, Kudapan | 0 comments

Umbi Gembili (Copy)

Sudah pernah makan Umbi Gembili? Sumber karbohidrat yang sudah jarang ditemukan di Pasar Tradisional ini bentuknya seperti Ubi jalar, warna dagingnya putih, dan kulitnya tipis berwarna coklat muda. Selain mengandung karbohidrat, ia juga mengandung Protein dan zat Calcium dan Vitamin B1. Gembili dapat dinikmati dengan cara direbus, tanpa dikupas, digoreng atau dimasak dengan sayur. Umbi ini dapat dimakan sebagai pengganti makanan pokok beras.

Gembili (Dioscorea esculenta L.) memiliki potensi untuk diolah menjadi tepung, sebagai bahan alternatif tepung terigu, bahan utama roti dan kue. Di Desa Bedewang, kecamatan Songgoh, Banyuwangi saya menikmati aneka umbi-umbian seperti Mbothe (sebutan di Pulau Jawa untuk umbi Talas) dan ubi ungu.

Talas, yang bernama latin Colocasia esculenta sudah banyak diolah menjadi keripik. Selain itu, Talas juga dapat digunakan sebagai pengganti beras. Di Ambon, Talas malahan biasa disantap sebagai pengganti makanan pokok nasi, dan dinikmati dengan ikan kuah kuning kenari, sayuran , dan lauk pauk lainnya. Untuk diversifikasi makanan pokok, sudah saatnya kita beralih ke umbi-umbian yang sangat mudah tumbuh di negeri kita, dan manfaatnya baik untuk tubuh.

Share

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: