Alam Kalimantan menyimpan potensi bahan alam yang dapat diolah menjadi bahan masakan dan obat-obatan. Beberapa diantaranya ada Belimbing Darah, Daun Sungkui, Daun Sengkubak, dan Rebung Kering dari Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat yang menyita perhatian saya. Menarik karena mereka tidak hanya karena berasal dari keliaran alam, tetapi karena mereka sangat eksotik.

Belimbing darah, saat masih belum matang bentuknya seperti kelopak bunga Rosella, merah tua. Saat matang, warnanya berubah menjadi oranye muda kecoklatan, dengan buah putih bersekat seperti manggis. Rasa buahnya asam segar. Saya yakin, masih banyak sekali bahan-bahan alam dari hutan Indonesia yang belum ter-explore baik untuk kegunannya dan manfaatnya. Mari kita gali terus bahan alam yang ada di sekitar kita.

photo (36) (Copy)

Belimbing Darah Matang

Belimbing Darah mentah dan matang (Copy)

Belimbing Darah Mentah dan Matang

Berkat kreativitas tim penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat, belimbing darah ini diolah menjadi minuman serbat. Bagian yang digunakan adalah kulit belimbing darah yang dibuat manisan. Mau tau resep Serbat segar ini? Kita coba yuk…

Serba Belimbing Darah (Copy)

Serbat Belimbing Darah

Bahan:
Kulit belimbing darah (buat manisan) 150 gram
Serutan kelapa muda. 50 gram
Telok kodok / selasi (seduh dengan air panas) 10 gram
Sepang 25 gram
Air 1000 c
Gula pasir 100 gram
Gula aren 100 gram

Cara:
Masak sepang bersama air, gula, sisihkan
Masukkan kulit belimbing darah
Ambil gelas aji, masukkan air sepang, biji selasih, serutan kelapa muda
Siap disajikan dengan Es

Share

Leave A Comment