Posted by on Apr 4, 2014 in Blog | 0 comments

Si Plumpy, Beefheart Tomato

Siapa sih yang gak suka tomat? Apalagi Tomat dengan warna oranye segar dan plumpy seperti tomat ini. Penasaran namanya? Tomat ini disebut dengan Beefsteak Tomato atau Beefheart Tomato. Tangan saya gak tahan untuk memegang tomat yang di tata di keranjang di pasar tradisional March Bilogoque Raspail di Paris. Pasar yang hanya buka di hari Minggu, dan hanya menjual hasil pertanian Organik.

Bentuk tomat ini tidak mulus permukannya, melainkan berlipat-lipat di semua sisinya, kadang tidak beraturan. Beberapa bentuk jenis tomat ini tidak bulat tapi ada yang melebar ke samping dengan lipatan-lipatan. Menurut penjualnya, Tomat Beefsteak dengan bentuk yang lebih bulat, rasanya lebih manis.

photo 2 (1) (Copy)

 Ukuran tomat ini lebih besar dibanding tomat biasa. Dagingnya cukup tebal, bijinya sedikit, dan juicy,  cocok untuk diolah menjadi salad, dan sandwich. Biasanya, tomat jenis ini dihasilkan oleh hasil berkebun rumahan dan tidak ditanam dalam jumlah banyak.

Tomat ini berwarna oranye kemerahan, kaya akan vitamin A, C, dan mengandung serat. Zat warna merah pada tomat yaitu likopen sangat baik bagi kesehatan. Manfaatnya? hasil penelitian menunjukkan bahwa Likopen dapat menurunkan kanker prostat, kanker payudara, dan mencegah osteoporosis.

Ternyata banyak ya manfaat Tomat. Yuk sertakan tomat di makananmu setiap hari…

 

Share

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: