Ereveld Candi

 

Teriknya matahari Semarang tidak menyurutkan langkah saya untuk melihat Taman Makam Kehormatan Belanda atau Ereveld yang terletak di kawasan Candi. Pada bulan Maret 1947, pemakaman Ereveld Candi ini diberi nama Ereveld Tillman.Pemerintah Indonesia merubah nama tersebut menjadi Ereveld Tjandi pada tahun 1967. Diberi nama Tjandi karena letak pemakaman ini ada di daerah Candi-Semarang, di Jalan Taman Jenderal Soedirman. Ereveld Candi merupakan salah satu dari dua Ereveld yang berada di Semarang, yaitu Ereveld Kalibanteng.

Pagar hitam dengan tulisan EREVELD CANDI berwarna emas menyambut peziarah, di kanan kiri gerbang terdapat dua dinding batu. Dinding sebelah kiri terpasang lambang salib hitam dengan helm prajurit berwarna emas. Dinding batu sebelah kanan terpasang lambang obor hitam dan api emas.

 

 

 

 

 

Pemakaman sangat rapi, jalan masuk berbatu kerikil putih  dengan bunga-bunga di kanan kiri menuju Salib Putih besar di atas batu hitam yang dibawahnya tertulis “For Security and Justice”

Di Ereveld ini, tentara-tentara KNIL (Koninklijk Nederlandsche Indische Leger) dimakamkan karena gugur pada pertempuran Perang Dunia II di Jawa. Mereka yang meninggal di Luar Jawa, seperti Palembang dimakamkan kembali di Ereveld Candi pada tahun 1967.Sedangkan tahun 1968, dilaksanakam Pemakaman kembali tentara KNIL yang sudah dimakamkan di Makassar. Kurang lebih ada 1.100 jenazah yang dimakamkan di Ereveld Candi.

Semoga arwah para prajurit tenang di sisi MU.

 

 

 

 

Share

Leave A Comment