Zen Food Plating Competition, inspirasi baru dalam menghidangkan makanan Indonesia jadi lebih baik

Posted by on Dec 15, 2017 in Blog | 1 comment

Eat with your eyes! Benarkah? Jadi, tidak salah juga kalau kita menilai suatu makanan lewat indera penglihatan. Warna, tentunya menjadi faktor utama, lalu biasanya kita ingin tahu bagaimana aromanya, setelah itu barulah kita menyantap makanannya.

Sayangnya, banyak juga yang tidak terlalu memikirkan tampilan sebuah makanan. Asalkan sudah lapar, langsung saja santap. Toh tampilan atau presentasi makanan yang bagus belum tentu rasanya juga nikmat?

Padahal, kreativitas merupakan kunci dalam mengkreasikan suatu hidangan. Piring seakan kanvas kosong yang siap dilukis oleh pelukisnya. Tidak bisa dipungkiri kalau piring menjadi salah satu media yang dibutuhkan untuk seorang food stylist, chef, ataupun pelaku kuliner. Piring yang cantik tentunya akan menaikkan level tampilan makanan yang kita olah.

Untuk itu, ACMI & William Wongso Kuliner bersama Indo Porcelain mengadakan Zen Food Plating Competition. Tidak sembarang plating, hidangan yang harus dipercantik adalah masakan Indonesia. Spesial, kan? Siapa bilang makanan Indonesia tidak bisa dihidangkan dengan cantik? Bumbu lokal dan rasanya sudah unik, apalagi ditambah dengan tampilannya yang cantik!

Selama kurang lebih 3 minggu, kompetisi ini dibuka untuk kalangan professional dan nonprofessional. Para peserta harus mengunggah foto makanan makanan utama dan dessert khas Indonesia secantik mungkin. Kemudian masing-masing 10 peserta dari kategori professional dan non professional dipilih untuk mendemontrasikan plating mereka langsung di VERDE, 9 Desember 2017.

_DRI4305

_DRI4015

_DRI4089

Final Zen Food Plating Competition juga makin seru dengan cooking demo dan presentasi dari Chef Andrian Ishak. Coba lihat serunya presentasi yang sampai menggunakan jas hujan ini.

_DRI4556

_DRI4561

_DRI4604

Lantas bagaimana hasil plating mereka? Jangan tanya! Semuanya punya keunikan sendiri. Saya, om William Wongso, Vivi Anggara, dan Puji Purnama berkesempatan untuk menjadi jurinya. Kami menilai dari sisi presentasi sajian, komposisi, keterampilan, dan keserasian. Jadi, tidak hanya terlihat indah, tampilan juga harus selaras.

Dari penjurian tersebut, akhirnya dapatlah pemenangnya. Berikut adalah nama-nama pemenang #ZenFoodPlatingCompetition:

Kategori professional:

Juara 1: Miartadi
Juara 2: Vera Tjuatja
Juara 3: Novia Aryanni
Juara favorit: M. Hafidh

Kategori non-professional

Juara 1: Dini Maharani
Juara 2: Hari Susana
Juara 3: Brian Ardianto
Juara favorit: Rini Handayani

collage-zenplate winner

Selamat untuk yang menang! Selain mendapatkan produk Zen Tableware, uang tunai, dan voucher, para pemenang juga berkesempatan untuk cooking class bersama om William Wongso. Wah, pastinya bisa belajar masak dan plating langsung dari ahlinya.

Dengan adanya kompetisi ini, saya sangat berharap akan munculnya inspirasi baru dalam menghidangkan makanan Indonesia jadi lebih baik. Kalau rasanya sudah nikmat, alangkah lebih baik kalau tampilannya pun memikat. Jadi semangat kembali ke dapur!

Share

One Comment

  1. 12-20-2017

    platting khas masing2 orgnya mau niru gimana pun gak bakalan jadi sebab setiap org/tukang masak mempunyai keunikan dan kreatif sendiri2 jadi kita bisa melihat plattingan seseorg begitu kita lihat pasti udah tahu/menduga oh ini plattingan si A oh ini punya si B he he he good job mbak lanjutkan ……

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: